nusakini.com - Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan operasi pasar besar-besaran untuk menekan harga daging sapi selama bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman pada saat konferensi pers mengenai evaluasi upaya stabilisasi harga pangan di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Senin (20/6/2016).

Mentan Amran juga mengatakan bahwa sejumlah perusahaan telah sepakat untuk turut berpartisipasi dalam operasi pasar ini dengan total jumlah daging yang didistribusikan ke pasar sebanyak 8.110 ton atau setara dengan 47.705 ekor sapi. 

"Sudah disepakati minggu lalu dan sudah berjalan 3 hari. Sasarannya, harga daging sapi di pasaran stabil." jelas Mentan Amran. 

Ditambahkan oleh Mentan, daging sapi ini akan didistribusikan ke pasar dalam kurun waktu 2 minggu untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di wilayah Jabodetabek. 

Dengan target harga di bawah Rp.80.000/kg - sesuai dengan arahan Presiden Jokowi - diharapkan upaya ini dapat mempengaruhi harga daging sapi di pasaran sehingga masyarakat dapat menikmati daging dengan harga yang terjangkau. 

Ketika ditanya apakah pemerintah memiliki rencana untuk mengubah kebijakan impor daging sapi dalam waktu dekat, Mentan mengatakan dalam minggu ini akan dikaji kebijakan mana yang menguntungkan masyarakat Indonesia dan mana yang tidak. 

Sebelumnya, Mentan menggelar rapat terbatas bersama dengan sejumlah importir daging sapi di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Kamis (16/6/2016). Perusahaan-perusahaan ini telah menyatakan kesiapannya untuk berkontribusi dalam upaya menekan harga daging sapi di pasaran dengan menambah pasokan menjelang Hari Raya Idul Fitri.(p/mk)